All New Nucleus Siap Ramaikan Pasar Bus Kota Medium

All New Nucleus Siap Ramaikan Pasar Bus Kota Medium

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Di ajang pameran bus, truk dan industri komponen dan aksesoris IIBT 2016 yang digelar berbarengan dengan INAPA 2016, Karoseri Laksana, Ungaran, menampilkan bus medium terbaru untuk aplikasi bus kota, All New Nucleus.

All New Nucleus merupakan generasi terbaru dari bus Nucleus yang sebelumnya pernah dilansir Karoseri Laksana, beberapa tahun lalu.

Berbeda dengan generasi pendahulunya, All New Nucleus hadir dengan konsep yang benar-benar mengusung sosok bus kota, ditandai dengan lantai kabinnya yang dirancang cukup rendah tanpa perlu mengorbankan sasis bawaan pabrik dengan lebar bodi 210 milimeter.

Seperti hasil pengamatan Tribun di lokasi pameran,Kamis (31/3/2016), All New Nucleus berkelir putih ini dilengkapi dengan dua akses pintu. Satu di bagian depan model pintu geser, dan satu pintu lainnya berukuran cukup lebar 1,2 meter di bagian tengah.

All New Nucleus yang dipamerkan ini menggunakan basis sasis Hino FB 130 PS. Layaknya konsep bus kota, kursi di kabin bus ini dirancang saling berhadapan di sekeliling dinding. Bus ini mampu mengangkut 20 penumpang duduk dan 20 penumpang berdiri.

Finishing interior bus ini digarap cukup rapi, begitu juga bagian dasbornya. Lampu depan, menggunakan model headlamp yang biasa kita temukan di bus Scania Touring. Sayangnya, gril berkelir silver di bagian hidung bus ini agak berkesan kurang oke karena bautannya yang terlihat menonjol.

Werry Yulianto, Marketing Laksana yang kami temui di lokasi pameran mengatakan, All New Nucleus bisa diaplikasikan pada hampir semua sasis bus medium dari Mitsubishi Fuso, Hino dan Isuzu. Antara lain, FE 84, dan NQR 71 selain juga pada FB 130.
"Kita juga memasarkan bus ini untuk angkutan bus pariwisata. Kami tinggal menyesuaikan ketinggian lantai kabinnya," kata Werry.

Lang Widya Praba Wasista, staf marketing Karoseri Laksana menyatakan, perbedaan tinggi lantai All New Nucleus untuk aplikasi bus kota dan bus pariwisata sekitar 36 cm.

Menurut Werry, dalam memasarkan bus ini demi menjangkau segmen konsumen lebih luas, terutama di instansi pemerintah, Karoseri Laksana telah memasukkan bus ini berikut spesifikasi dan harga jualnya di situs Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).